Tuesday, November 17, 2009



Mandiri Tabungan

Nikmati Kemudahan dan Kenyamanan Layanan

Mudah

  • Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 50.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
  • Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri
  • Anda mendapatkan Kartu Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan Debit Mandiri yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri
  • Dapat bertransaksi di ± 4000 ATM Mandiri, ± 10.500 ATM Bersama, ± 6.200 ATM LINK maupun ± 950.000 ATM berlogo VISA di seluruh dunia

Nyaman Bertransaksi

  • Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi dimana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda
  • Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda

Fasilitas

  • Layanan Autodebet, Layanan autodebet membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan
  • Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu Anda dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga Anda tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan

Program Undian Berhadiah

  • Mandiri Tabungan menyelenggarakan program undian berhadiah Mandiri Fiesta secara rutin dengan memberikan hadiah terbesar
  • Program undian Mandiri Fiesta tahun 2007/2008 memberikan hadiah 50 New Camry, 200 Kijang Innova dan 4.200 Motor Honda

Persyaratan

  • Setoran awal minimal Rp. 50.000,-
  • Kartu identitas:
    • Warga Negara Indonesia: membawa KTP/SIM/Paspor asli
    • Warga Negara Asing: Paspor dan KIMS/KITAS (Kartu Izin Menetap Sementara/Kartu Izin Tinggal Sementara)
  • Dikenakan biaya administrasi bulanan

catatan(*):

  • KTP DKI Jaya dapat digunakan untuk membuka rekening di seluruh cabang Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta.
  • KTP non DKI Jaya hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP.
  • Apabila digunakan untuk membuka rekening Tabungan di luar wilayah KTP setempat maka wajib dilampiri dengan :
    • Surat Keterangan Domisili atau
    • Surat Keterangan Kerja

Mandiri Giro

Dukungan Terpercaya Usaha Anda

Di tengah tantangan bisnis saat ini, Anda tentu membutuhkan berbagai sarana pendukung yang terpercaya. Untuk itulah Bank Mandiri menawarkan transaksi perbankan menguntungkan melalui Mandiri Giro. Simpanan dana pihak ketiga dalam Rupiah yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya sesuai ketentuan yang ditetapkan Bank Mandiri.

Keuntungan

Jasa Giro yang Progresif dan Kompetitif

  • Dengan sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jasa giro yang lebih besar. Semakin besar saldo rekening Anda, semakin tinggi jasa giro yang akan Anda peroleh.

Kemudahan

  • Penyetoran dan penarikan dapat dilakukan di semua kantor cabang Bank Mandiri.
  • Mandiri Giro dengan Cek dan Bilyet Giro Bank Mandiri, transaksi bisnis Anda menjadi lebih mudah.
  • Kemudahan bertransaksi melalui Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri Internet (khusus rekening Mandiri Giro perorangan).
  • Tersedia pilihan rekening gabungan atau joint account (khusus rekening perorangan).

Kenyamanan Bertransaksi

  • Dengan fasilitas jaringan lebih dari 4.100 Mandiri ATM dan 5.000 ATM Link yang tersebar luas, Anda tidak perlu lagi mengantri panjang di kantor cabang untuk melakukan transaksi perbankan Anda.
  • Dukungan lebih dari 1000 kantor cabang Bank Mandiri online yang tersebar di seluruh nusantara memberikan Anda lebih banyak keleluasaan untuk melakukan transaksi perbankan yang Anda kehendaki. Dimanapun Anda berada, kegiatan perbankan sehari-hari Anda tetap berjalan seperti biasa.

Fasilitas

Pilihan Mata Uang

  • Tersedia beberapa mata uang : Rupiah, USD, SGD, EUR, AUD, GBP, JPY, HKD, dan CHF.

Sweep Account (Khusus Rekening Mandiri Giro Rupiah Perorangan)

  • Dengan fasilitas sweep, Anda dapat memindahkan dana secara otomatis dari rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan ke Rekening Giro Rupiah Anda sehingga kecukupan saldo di rekening Giro Rupiah Anda dapat terjamin.

Auto Debit (Khusus Rekening Mandiri Giro Rupiah)

  • Dengan fasilitas auto debit, memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan.

Persyaratan

  • Setoran awal:
    IDR Rp. 1.000.000, USD 1.000, SGD 2.500, EUR 1.000, AUD 2.000, GBP 1.000, JPY 150.000, HKD 10.000, CHF 2.000
  • Tidak termasuk daftar hitam BI
  • Perorangan:
    • 21 tahun ke atas atau telah menikah
    • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan beserta pendukungnya
    • Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS), dan NPWP
    • 1 lembar pas foto 4x6
    • Dikenakan biaya administrasi bulanan
  • Badan Usaha:
    • Mengisi dan menandatangani formulir permohonan beserta pendukungnya
    • Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor dan KIMS/KITAS pejabat yang berwenang), NPWP, TDP, SIUP, dan Akte pendirian perusahaan
    • Dikenakan biaya administrasi bulanan

Mandiri Deposito

Pilihan Investasi yang Memberi Keuntungan dan Rasa Aman

Untuk memastikan uang Anda diinvestasikan di tempat yang aman dan terpercaya sekaligus menguntungkan, Mandiri Deposito Rupiah adalah pilihan yang tepat dan dapat diandalkan.

Mandiri Deposito Rupiah adalah simpanan berjangka dalam mata uang Rupiah dengan bunga menarik dan beragam keuntungan lainnya.

Keuntungan

Suku Bunga yang Kompetitif

  • Suku bunga Mandiri Deposito yang kompetitif menjadikan investasi Anda lebih cepat berkembang.
  • Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya (1 tahun dihitung 365 hari).

Fleksibilitas Tinggi

  • Tersedia berbagai pilihan jangka waktu yang dapat Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.
  • Bebas memperpanjang deposito secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO).
  • Anda dapat memilih untuk menginvestasikan kembali bunga deposito ke pokok deposito atau ditransfer ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik setiap saat.
  • Bunga Deposito dapat diterima di muka, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin tempatkan pada Mandiri Deposito Rupiah.
  • Dapat dibuka atas nama 2 orang pribadi (joint account).

Terpercaya

  • Bank Mandiri yang telah dikenal luas, memberikan simbol bonafiditas pribadi Anda dengan memiliki Mandiri Deposito.

Fasilitas

Automatic Roll Over (ARO)
Deposito Anda dapat diperpanjang secara otomatis pada saat jatuh tempo.

Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call

  • Pembukaan dan penutupan deposito dapat dilakukan melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.
  • Tersedia layanan informasi dan pembatalan perpanjangan deposito otomatis/ ARO melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call khusus untuk deposito yang dibuka melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.

Dana Tunai Mandiri

  • Anda dapat memperoleh fasilitas Kredit Agunan Deposito dengan Deposito Anda sebagai jaminannya. Apapun kebutuhan Anda dapat dipenuhi dengan cepat dan mudah sementara Deposito Anda tetap menghasilkan bunga.

Persyaratan

  • Minimum penempatan deposito:
    • Pembukaan melalui kantor cabang:
      • Pulau Jawa: Rp. 10.000.000,-
      • Luar Pulau Jawa: Rp. 5.000.000,-
    • Pembukaan melalui e-Banking (Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call) : Rp. 1.000.000.-
  • Perorangan:
    • Warga Negara Indonesia : membawa KTP/SIM/Paspor asli.
    • Warga Negara Asing : Paspor dan KIMS/KITAS (Kartu Ijin Menetap Sementara/Kartu Ijin Tinggal Sementara).
  • Perusahaan:
    • KTP/SIM/Paspor pejabat yang berwenang.
    • SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan dan perubahannya yang terakhir.

  • Biaya meterai pada saat pembukaan dan pencairan deposito sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Bunga dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku

Tingkat suku bunga dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu

Mandiri Debit

Mandiri debit adalah fasilitas kartu dari rekening Mandiri Tabungan / Giro Rupiah Perorangan yang memberikan keleluasaan, kenyamanan dan keuntungan bertransaksi.

Mandiri debit digunakan untuk bertransaksi di ATM, di toko / merchant (mesin EDC) dan di seluruh Cabang Bank Mandiri. mandiri debit menemani setiap aktivitas Anda, nikmati kemudahan transaksi kapanpun dan dimanapun

Kemudahan Berbelanja di Seluruh Dunia

Nikmati kenyamanan transaksi pembayaran belanja dengan menggunakan mandiri debit, diterima di lebih dari 110 ribu merchant di Indonesia dan 22 juta merchant di seluruh dunia yang berlogo Visa / Visa Electron melalui fasilitas debit langsung dari rekening.

Pembayaran dengan mandiri debit lebih terkendali karena sesuai dengan saldo yang Anda miliki. Tidak perlu menarik uang berlebihan, mandiri debit menyelesaikan transaksi pembayaran sesuai kebutuhan.

Kemudahan Tarik Tunai dan Cek Saldo Di Seluruh Dunia

Untuk transaksi tarik tunai dan cek saldo, mandiri debit dapat digunakan di lebih dari 1 juta ATM berlogo PLUS/Visa/Visa Electron baik di Indonesia maupun di luar negeri dan di lebih dari 14 ribu ATM berlogo ATM BERSAMA serta 7 ribu ATM berlogo LINK, termasuk di lebih dari 4 ribu mandiri ATM di seluruh Indonesia.

Kemudahan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan di mandiri ATM

Nikmati berbagai layanan transaksi melalui mandiri ATM, antara lain:

  • Penarikan tunai
  • Perubahan PIN mandiri debit
  • Cetak mutasi rekening
  • Pembayaran PLN, Telkom, HP pasca bayar (Halo, Matrix, XL/Xplor, Telkom Flexi, Fren & Esia), kartu kredit (Mandiri Visa / Master, CitiBank, Standard Charter, HSBC, RBS, ANZ Panin).
  • Pembelian Isi Ulang pulsa HP (Simpati, Mentari, IM3 Smart, ProXL/bebas, Flexi Trendy, Fren & Esia).
  • Pembelian Tiket Airline
  • Transfer antar rekening Bank Mandiri
  • Transfer ke rekening Bank lain
  • Transfer ke kartu debit / kartu kredit Visa (Visa Money Transfer)
  • Info saldo tabungan, giro dan rekening pinjaman
  • Pendaftaran fasilitas e-banking: mandiri Internet, mandiri Call, mandiri SMS
  • Setoran tunai (khusus di Cash Deposit Machine)

Kemudahan bertransaksi dengan layanan perbankan 24 jam Bank Mandiri

Dengan mandiri debit, Anda dapat mendaftarkan layanan perbankan 24 jam Bank Mandiri di mandiri ATM atau di cabang Bank Mandiri

Consumer Banking Treasury

Consumer Banking Treasury (CBT) merupakan unit di bawah Wealth Management Group - Direktorat Micro and Retail Banking yang menangani pelaksanaan transaksi produk-produk treasury meliputi transaksi today, tomorrow, spot, forward, swap dan surat berharga bagi nasabah perorangan serta transaksi banknotes.

Secara umum produk CBT yang tersedia adalah:

  1. Devisa Umum
    • Today, Tom, Spot
    • Derivative FX: Forward, Swap
  2. Retail Bonds
    • Surat Utang Negara (SUN)
    • Obligasi Negara Ritel (ORI)
    • Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk Negara)
  3. Banknotes
    • Today, Tom

Devisa Umum: Today, Tomorrow, Spot

  • Today adalah Transaksi membeli / menjual valuta asing lawan valuta lainnya, dimana penyerahan / settlement dananya dilakukan pada hari yang sama dengan tanggal transaksi.
  • Tomorrow adalah Transaksi membeli / menjual valuta asing lawan valuta lainnya, dimana penyerahan / settlement dananya dilakukan 1 (satu) hari kerja setelah tanggal transaksi.
  • Spot adalah transaksi membeli / menjual valuta asing lawan valuta lainnya, dimana penyerahan / settlement dananya dilakukan 2 (dua) hari kerja setelah tanggal transaksi.

Derivative FX: Forward, Swap

  • Forward adalah Transaksi/kontrak membeli/menjual valuta asing lawan valuta lainnya pada tanggal valuta dimasa yang akan datang dengan harga/rate yang sudah ditentukan sekarang (pada tanggal kontrak).
  • Swap adalah Suatu kontrak untuk membeli/menjual sejumlah valuta asing (reference currency) terhadap valuta asing lainnya (non-refference currency) pada tanggal valuta tertentu dan secara bersamaan disepakati untuk menjual/membeli kembali jumlah tersebut di masa yang akan datang dengan harga yang telah ditetapkan.

Retail Bonds

  • Surat Utang Negara (SUN) adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh Pemerintah RI yang dalam hal ini berbentuk Obligasi Negara yang berjangka waktu lebih dari 12 (duabelas) bulan dengan pembayaran kupon secara berkala dan minimum transaksi Rp. 250.000.000,-. Jenis SUN : Fixed Rate (Seri FR), Variable Rate (Seri VR)
  • Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Obligasi Negara dengan pembayaran kupon secara bulanan dengan minimum transaksi Rp. 5.000.000
  • Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk Negara) adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap Aset Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing

Banknotes: Today, Tomorrow

  • Today adalah Transaksi membeli / menjual Uang Kertas Asing (UKA), dimana penyerahan / settlement phisik UKA dilakukan pada hari yang sama dengan tanggal transaksi.
  • Tomorrow adalah Transaksi membeli / menjual Uang Kertas Asing (UKA), dimana penyerahan / settlement phisik UKA dilakukan 1 (satu) hari kerja setelah tanggal transaksi.


















Friday, November 6, 2009

GDSS - Group Decision Support System (GDSS)

PENDAHULUAN

Konsep DSS sebagaimana yang pertama kali dikemukakan oleh Gerrity (1971) melibatkan
“panduan efektif dari inteligensi manusia, teknologi informasi, dan software yang berinteraksi
secara dekat untuk memecahkan masalah yang kompleks”. Walaupun DSS yang beroperasi dalam
lingkungan mainframe atau mikrokomputer bisa digunakan oleh banyak pemakai secara serentak,
namun software itu sendiri mengakomodasi pemakai perorangan yang dihadapkan dengan
keputusan yang menjadi tanggung jawabnya.
Beberapa peneliti mengungkapkan adanya kebutuhan akan pemfokusan tingkat kelompok
dalam DSS baru-baru ini mengemukakan beberapa gagasan mengenai desain system informasi
untuk mendukung meeting elektronik.kita akan memulai pembahasan dengan mendefinisikan
konsep system penunjang keputusan kelompok (GDSS) dan menyebutkan sifat dari system ini.
Fasilitas dasar dari teknologi GDSS, yang meliputi aspek hardware maupun software, akan kita
deskripsikan. Kita kemukakan empat “sekenario” atau jenis lingkungan DSS kelompok.


APA YANG DIMAKSUD DENGAN GDSS

Walaupun berbagai definisi telah dikemukakan, namun ada agreement atau kesepakatan
umum yang menyatakan bahwa DSS adalah system berdasarkan komputer yang interaktif yang
memudahkan pemecahan atas masalah yang tak terstruktur. Konsep “penunjang keputusan
kelompok” membentuk gagasan yang kita kenal dengan sebutan DSS. System penunjang keputusan
kelompok (GDSS) adalah system berdasarkan komputer yang interaktif yang memudahkan
pemecahan atas masalah tak terstruktur oleh beberapa (set) pembuat keputusan yang bekerja sama
sebagai suatu kelompok. Komponen GDSS meliputi hardware, software, orang, dan produser. Sifat
yang penting dari suatu GDSS dapat disebutkan seperti berikut ini:
1. GDSS adalah system yang dirancang secara khusus, bukan menyerupai konfigurasi dari
komponen system yang sudah ada.
2. GDSS dirancang dengan tujuan untuk mendukung kelompok pembuat keputusan dalam
melakukan pekerjaan mereka.
3. GDSS mudah dipelajari dan mudah digunakan.
4. GDSS bisa bersifat “spesifik” (dirancang untuk satu jenis atau kelompok masalah) atau bisa
bersifat “umum” (dirancang untuk berbagai keputusan organisasional tingkat kelompok).
5. GDSS berisi mekanisme built-in.

Definisi GDSS begitu luas dan, oleh karenanya, bisa berlaku atau diterapkan ke berbagai
situasi keputusan kelompok, yang meliputi panel review, task force meeting eksekutif/dewan,
pekerja jarak jauh, dan sebagainya. Aktifitas dasar yang terjadi di kelompok manapun dan yang
memerlukan dukungan berdasarkan komputer adalah
1. pemanggilan informasi, melibatkan pemilihan nilai data dari database yang ada maupun
pemanggilan informasi sederhana.
2. pembagian informasi, maksudnya menampilkan data pada layar penampil agar bisa dilihat
oleh semua kelompok.
3. penggunaan informasi, mencakup aplikasi teknologi software, procedure, dan teknik
pemecahan masalah kelompok untuk data.


TEKNOLOGI GDSS

Dalam model yang di buat umum ini, kelompok pembuat keputusan mempunyai akses ke
base data, base model, dan software aplikasi GDSS selama waktu meeting yang menetapkan suatu
keputusan. Namun demikian, komponen dasar dari segala GDSS meliputi hardware, software,
orang-orang dan prosedur. Selanjutnya kita akan membahas secara lebih rinci komponen tersebut.


HARDWARE

Tanpa memandang situasi keputusan spesifik, kelompok sebagai keseluruhan atau setiap
anggota harus dapat mengakses prosesor komputer dan menampilkan informasi. Keperluan
(persyaratan) hardware minimal untuk system tersebut mencakup: peralatan input/output, prosesor,
jalur komunikasi antara peralatan I/O dan prosesor, dan layer penampil untuk umum atau monitor
perorangan guna menampilkan informasi kepada kelompok.


SOFTWARE

Komponen software dari GDSS meliputi database, base model, program aplikasi khusus
yang akan digunakan oleh kelompok, dan interface pemakai fleksibel yang mudah digunakan.
Beberapa system GDSS yang sangan spesifik tidak memerlukan database; misalnya, system yang
hanya mengumpulkan, mengorganisir, dan mengkominikasikan opini anggota tentang suatu
masalah.software GDSS bisa dan tidak bisa berinterface dengan software DSS individual.
Komponen teknologi GDSS yang paling khusus adalah software aplikasi yang
dikembangkan secara khusus yang mendukung kelompok dalam proses keputusan. Fasilitas yang
tepat dari software ini sangat bervariasi, namun mencakup hal berikut ini:


FASILITAS DASAR

- Penciptaan teks dan file data, modifikasi, dan penyimpanan untuk anggota kelompok.
- Word processing untuk mengedit dan memformat teks.
- Fasilitas pembelanjaan untuk pemakai GDSS yang belum mampu.
- Fasilitas “help” on-line
- Worksheet, spreadsheet, decision trees, dan alat lain untuk menampilkan angka dan teks secara
grafis.
- Manajemen database yang state-of-the-art.


FASILITAS KELOMPOK

- Peringkasan grafik dan bilangan dari gagasan dan pendapat anggota kelompok.
- Menu yang memberitahu (prompt) untuk memasukkan (input) teks, data, dan pendapat oleh
anggota kelompok.
- Program untuk prosedur kelompok khusus.
- Metode penganalisaan interaksi kelompok sebelumnya dan keputusan.
- Transmisi teks dan data diantara anggota kelompok, diantara anggota kelompok dan fasilitator,
dan diantara anggota kelompok dan prosesor komputer sentral.


ORANG-ORANG

Komponen “people” (orang_orang) dari GDSS meliputi anggota kelompok dan “fasilitator
kelompok” yang bertanggung jawab atas beroperasinya teknologi GDSS dengan baik ketika ia
sedang digunakan. Peranan fasilitator bersifat luwes.


PROSEDUR

Komponen terakhir dari GDSS adalah prosedur, yang bisa memudahkan operasi dan
membuat penggunaan teknologi oleh anggota kelompok menjadi efektif. Dalam kasus yang terakhir
ini, GDSS bisa dirancang agar bisa mengakomodasi teknik pembuatan keputusan kelompok
spesifik, seperti teknik kelompok nominal.


KATEGORI GDSS: 4 SKENARIO
Kerangka penunjang keputusan kelompok ini memberi penekanan bahwa tujuan dan
konfigurasi dari suatu GDSS akan beragam atau bervariasi menurut durasi session pembuat
keputusan dan derajad kedekatan fisik dari anggota kelompok.

Skenario 1 Ruang Keputusan Skenario pertama sama dengan “Decision Room” (ruang
keputusan) menurut Gary (1981) dan bisa dianggap sebagai ekuivalen elektronik dengan meeting
tradisional. Organisasi menyusun atau menata suatu ruang (persis seperti boardroom) yang berisi
fasilitas khusus untuk mendukung pembuatan keputusan kelompok. Dalam konfigurasi dari suatu
GDSS yang sangat sederhana, hanya fasilitator kelompok-lah yang berinteraksi secara langsung
dengan komputer. Komunikasi bisa ditrasmisikan secara verbal atau pengiriman pesan lewat
komputer.

Skenario 2 Jaringan Keputusan Local GDSS bisa mempunyai konfigurasi yang agak
berbeda dalam setting, dimana sekelompok pembuat keputusan yang jumlahnya sudah pasti, yang
saling bekerja secara dekat, harus mengenai masalah tertentu secara teratur. Setiap pembuat
keputusan akan mempunyai sebuah workstation, atau sesuatu yang disebut oleh Dickson (1983)
sebagai “fasilitas penunjang manajerial”, yang ditempatkan pada meja tulis atau meja kerjanya.
Prosesor sentral akan menyimpan software GDSS umum dan database, dan jaringan area local akan
memberitahukan komunikasi anggota ke anggota dan komunikasi anggota ke prosesor sentral. Cara
atau pendekatan ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar, dimana kendala one place/one-time
dari scenario 1 bisa dihilangkan. Ada kelemahan dengan cara ini, yaitu jarang sekali terjadi
komunikasi face-to face.

Skenario 3 Teleconferencing jenis GDSS ketiga ini diperlukan oleh kelompok yang
anggotanya tersebar secara geografis, namun mereka harus ‘berkumpul’ untuk membuat suatu
keputusan. Dalam hal ini, dua ruang keputusan atau lebih disambungkan bersama dengan fasilitas
visual dan atau komunikasi. Dengan menggunakan teknologi teleconferencing, meeting dapat
dirancang sedemikian rupa sehingga pembuatan keputusan bisa terjadi tanpa harus semua peserta
berada di satu lokasi (atau di lokasi yang sama). Teleconferencing digunakan untuk melengkapi
komponen komunikasi dari GDSS. Keuntungan yang kita dapatkan dari cara ini adalah
berkurangnya biaya perjalanan dan fleksibilitas dalam kaitannya dengan waktu dan durasi
penyelenggaraan meeting.

Skenario 4 Pembuatan Keputusan Jarak Jauh skenario keempat ini belumlah umum
digunakan, namun kemungkinan penggunaannya di masa dating sangatlah besar. Disini, ada
komunikasi yang tak terintrupsi diantara “decision station” (stasiun keputusan) jarak jauh (remote)
dalam organisasi yang tersebar secara geografis, yang mempunyai kelompok orang yang sudah
pasti yang harus secara teratur membuat keputusan bersama.


PERSOALAN DESAIN DAN IMPLEMENTASI

Riset mengenai dinamika pembuat keputusan kelompok yang ada saat ini mempunyai
beberapa implikasi untuk desain dan penggunaan GDSS. Tiga implikasi desain yang berasal dari
literature dinamika kelompok akan dibahas pertamakali, kemudian akan dikemukakan opsion atau
pilihan implementasi yang bisa digunakan untuk GDSS.
Pertama, tujuan GDSS harus menjadi alat pendorong terjadinya partisipasi aktif dari semua
anggota kelompok. Kedua, diperlukan akomodasi khusus untuk kelompok yang sebalumnya tidak
memiliki pengalaman kerja bersama. Ketiga, suatu fasilitas yang berguna dari suatu GDSS akan
membantu manajemen tingkat tinggi dalam memilih orang-orang yang akan dijadikan anggota
kelompok untuk menangani masalah atau keputusan tertentu.
Sebelum system penunjang keputusan untuk kelompok bisa secara luas digunakan dan
dimanfaatkan oleh organisasi, diperlukan usaha pengembangan yang ekstensif. Kaitannya dengan
instalasi, ada tiga kemungkinan yang bisa kita pilih yaitu:
1. menginstal system secara permanent di tempat pemakai
2. menyewa system dengan dasar on-call dari vendor (menyewa system bila memerlukannya).
3. mengakses system jarak jauh dari tempat vendor.